NaxcNGpcNWtaLWxcNaVbNqx7MTcsynIkynwdxn1c
9 Cara Mendapatkan Inspirasi dalam Membuat Lagu

9 Cara Mendapatkan Inspirasi dalam Membuat Lagu


Membuat lagu sendiri seolah menjadi titik pencapaian seorang musisi. Karya original sering dikaitkan dengan karakter dari seorang musisi yang unik sehingga berbeda dengan musisi lainnya. Pernah nggak kalian pengen membuat lagu sendiri tapi nggak tau inspirasinya dari mana? Pada artikel kali ini mimin bakal ngebagiin 9 tips buat nemuin inspirasi dalam membuat lagu

Tanyakan Tema Lagu pada Dirimu Sendiri

Kunci yang paling utama ada di diri kalian sendiri. Coba pahami karakter kita masing-masing dan coba deskripsikan karakter kita dengan genre atau lagu tertentu. Cobalah sejenak merenungkan pertanyaan ini berulang kali hingga menemukan jawabannya, dengan demikian inspirasi kalian untuk membuat lagu akan timbul dengan sendirinya.

Sesuaikan Tema dengan Perasaanmu

Sebuah lagu yang baik biasanya dibuat pada momen tertentu, dimana momen itu tidak bisa terulang di kemudian hari. Contohnya saat patah hati atau sedang jatuh cinta, sadari perasaan yang timbul dan coba untuk coret-coret lirik atau progresi akor. Lakukan dengan cepat agar nggak keburu hilang mood dari momen tersebut.

Diskusi dengan Rekan Sesama Musisi

Musisi lain terkadang menjadi sumber inspirasi kita. Kalian bisa tanyakan genre yang lagi hits yang seperti apa, lirik kalian sudah bagus belum, progresi akornya cocok nggak sih dengan liriknya, genrenya udah cocok belum, dan sebagainya. Perbanyak pertemanan antar musisi di forum musik sosial media atau terjun langsung dalam komunitas musik di kotamu. Semakin banyak relasi pertemanan dalam lingkaran musik maka inspirasimu akan semakin banyak pula.

Perluas Referensi

Lagu-lagi soal referensi. Dengarlah berbagai macam genre dan dengarkan setiap hari, inspirasi dari mendengarkan berbagai referensi akan membuka jendela inspirasimu dalam membuat lagu.

Padatkan Referensi

Jika kalian sadar ada sebuah genre musik yang cocok dengan mood saat itu, persempit pencarian referensi lain. Caranya dengan mencari album lain dari artis yang sama atau mencari genre serupa. Dengan digital platform saat ini mimin rasa kalian nggak akan kesulitan mencari genre sejenis kok.

Buka Catatanmu

Ini nih kejelekan banyak musisi. Punya banyak ide tapi nggak pernah dicatat. Coba aja ketika ada inspirasi seperti lirik, progresi akor, melodi, dan sebagainya tercatat dengan baik, suatu hari kalian bisa buka lagi catatanmu dan mungkin inspirasi akan timbul dari catatan lamamu itu.

Nonton Berbagai Pertunjukan Musik Live

Menyaksikan musik secara live bakal memberikan sensasi yang berbeda dengan kita menonton video. Perbanyak melihat konser live dan temukan berbagai inspirasi dari artis yang sedang kalian tonton saat itu.

Keluar dari Perpustakaan Musikmu

Zona nyaman adalah area paling menyenangkan bagi semua orang, tak terkecuali musisi. Apa jadinya seorang musisi metal mendengar genre lain seperti dangdut, campursari, dan lain sebagainya? Nggak sedikit kok musisi yang menolak dan membuat sekat terhadap genre lain. Pesen mimin, sesekali dengarkan genre lain, bahkan genre yang mungkin tidak kalian sukai sebelumnya. Dijamin bakalan nambah inspirasi loh.

Belajar Langsung dari Praktisi Musik

Pengennya sih gini, dapet temen seorang praktisi musik seperti produser musik, penulis lagu, arranger. Tapi nggak ada satupun temen yang berprofesi sebagai praktisi musik. Mimin ada solusinya kok. Kalian bisa masuk ke Kursus FL Studio, Kursus Produksi Musik, Kursus Mixing Mastering, dan bahkan Kursus Instrumen di Fisella Music Course. Kalian bakal diajari langsung dengan para praktisi musik yang keren abis. Dijamin deh, diskusi dengan praktisi musik yang profesional bakalan nambah banyak banget inspirasi dalam menciptakan sebuah karya.


Selain itu di Fisella juga menawarkan Jasa Pembuatan Lagu Original, dari membuat konsep, mencari referensi, aransemen, rekaman, editing (mixing-mastering) hingga publikasi sesuai dengan genre musik yang kalian inginkan. Jadi kalau teman-teman memiliki karya musik yang belum rampung, serahkan aja sama tim Fisella Music Production. Dijamin karya musikmu akan berkualitas. Kunjungi juga layanan produksi musik lainnya.

Komentar

Hubungi Fisella melalui Whatsapp