NaxcNGpcNWtaLWxcNaVbNqx7MTcsynIkynwdxn1c
8 Spesialisasi Dalam Dunia Produksi Musik yang Perlu Kalian Ketahui

8 Spesialisasi Dalam Dunia Produksi Musik yang Perlu Kalian Ketahui


Hi musicians, jika saat ini kalian sedang belajar produksi musik atau justru sedang terjun dalam dunia produksi musik namun bingung nih apa spesialisasi yang pas dengan dirimu. Pada artikel kali ini admin Fisella bakal memberikan 8 spesialisasi dalam produksi musik yang perlu kalian ketahui. Dengan mengetahui beberapa spesialisasi ini, teman-teman bisa menentukan tujuan kalian menjadi spesialis apa dalam dunia produksi musik.

Song Writer

Penulis lagu biasanya bekerja dalam membuat karya berupa lagu dengan lirik dan progresi akor yang standar. Song writter mempertimbangkan pemilihan diksi dalam lirik lagu dan juga gambaran lagu secara general. Beberapa song writer menjual karyanya langsung ke artis (penyanyi) atau melalui manajemen artis.

Composer dan Arranger

Nah ada dua hal yang harus kalian kertahui antara perbedaan composer dan arranger. Composer adalah seniman yang menulis musik original untuk dimainkan atau disajikan oleh musisi. Sedangkan arranger membantu menyelesaikan, mengerjakan ulang, dan mengadaptasi komposisi yang sudah ada sebelumnya dengan mengubah elemen seperti instrumentasi, orkestrasi, harmoni, tempo, dan genre. Berbeda dengan song writer yang fokusnya hanya membuat musik secara sederhana, composer dan arranger bekerja lebih mendetail, biasanya karyanya ditulis dalam notasi musik standar (not balok).

Sound Design Specialist

Sebelum masuk dalam pembahasan sound design specialist, kita kenalan dulu dengan sound design. Sound desain adalah seni dan praktik menciptakan suara untuk berbagai kebutuhan yang melibatkan kegiatan seperti menentukan, memperoleh atau menciptakan elemen audio menggunakan teknik dan alat produksi audio. Sound Design Specialist biasanya melibatkan perekaman peralatan yang menghasilkan suara (misalnya foley) dan melakukan pengeditan audio yang telah dibuat atau direkam sebelumnya. Mereka juga memberikan efek untuk beberapa keperluan, selain itu Sound Design Specialist melakukan pembuatan suara "sintetis" dengan synthesizer.

Audio Engineer/Recording Engineer

Audio engineer bisa juga disebut sebagai sound engineer atau recording engineer (tergantung detail dari keterlibatannya dalam produksi musik pada tahap perekaman audio). Selain diwajibkan mampu mampu mengatur dan mengoperasikan peralatan rekaman seorang Recording Engineer bahkan memiliki kemampuan untuk bertanggung jawab dalam menciptakan, memodifikasi dan memproduksi musik. Pekerjaan ini mengacu pada banyak disiplin ilmu seperti ilmu akustik, psikoakustik, teknik elektro, dan ilmu musik.

Mixing Engineer

Mixing Engineer bertanggung jawab untuk menggabungkan banyak audio agar "tercampur" sempurna. baik dalam musik, film, atau konten lain yang bersifat audiotory. Karya yang telah selesai direkam atau ditayangkan, harus mencapai keseimbangan yang baik, seperti volume, posisi pan, dan efek lainnya, sambil menyelesaikan konflik frekuensi yang timbul dari berbagai sumber suara. Sumber suara ini dapat terdiri dari berbagai alat musik atau vokal dalam band atau orkestra, dialog atau foley dalam film, dan banyak lagi.

Mastering Engineer

Mastering engineer adalah orang yang ahli dalam praktik mengambil audio (biasanya konten musik) yang sebelumnya telah dimixdown baik dalam analog atau digital dari berbagai format (mono, stereo, atau multi-channel). Tugasnya adalah memaksimalkan audio tersebut dan mempersiapkannya untuk didistribusikan, baik melalui media fisik. seperti CD, piringan hitam, atau sebagai platform pemutar audio digital.

Jika teman-teman berminat menjadi audio engineer, mixing engineer, dan mastering engineer, kalian bisa belajar di Kursus FL Studio, Kursus Music Production, dan Kursus Mixing Mastering di FisellaMusic Course.

Session Musician

Jika anda adalah seorang pemain instrumen musik yang memiliki kemampuan yang mumpuni, ada baiknya jika kalian menawarkan jasa sebagai session musician. Kalian bisa ditempatkan sebagai pemain musik dalam merealisasikan lagu dari composer/arranger dalam pertunjukan live atau rekaman. Seorang session musician biasanya diwajibkan memiliki kemampuan membaca notasi musik yang cepat dan memiliki pengetahuan interpretasi musik dalam berbagai genre musik.

The Main Artist

Jika kalian adalah seorang pemain instrumen musik atau penyanyi dengan kemampuan musikal yang mumpuni, unik, dan serta berkharisma. Nggak ada salahnya untuk menjadi artis utama. Biasanya artis utama menyajikan karya yang telah dibuat composer atau aranger, kemudian karya tersebut akan dibawakan artis utama baik dalam pertunjukan live atau rekaman.

Jika teman-teman berminat menjadi penyaji musik yang dapat menjadi session musician atau the main artist, kalian bisa belajar di kelas instrumen FisellaMusic Course, Kursus Gitar Akustik, Kursus Gitar Klasik, Kursus Gitar Elektrik, Kursus Piano Pop, dan Kursus Piano Klasik.

Komentar

Hubungi Fisella melalui Whatsapp